Wednesday, July 17, 2019

Jual Bibit Sayuran Organik di Lombok


Jual Bibit Sayuran, Lombok Timur 2019

Lomboqnet-Akhir pekan ini Minggu (14/7/2019)kami mengajak pemirsa lomboqnet untuk berkunjung menemui salah seorang pengelola usaha pembibitan berbagai jenis tanaman sayuran.

Berada disebuah desa yang ditempuh sekitar 30 menit dari kota selong menuju arah utara/tepatnya didesa prian kecamatan montong gading, Lombok timur inilah, nurhayati memulai  usahanya 2 tahun silam.
Beranjak dari banyaknya kebutuhan dan permintaan teman-temannya yang rata-rata bekerja sebagai petani, dengan berbekal pengalaman nurhayati memberanikan diri untuk memulainya.
Berbagai jenis bibit tanaman, ia sediakan seperti cabai, kol, terong, dan lainnya dengan kisaran harga 250 rupiah per bibit.

Dilahan sekitar 1000 m2 ini nurhayati menekuni usahanya dengan melibatkan warga sekitar untuk ikut bekerja, terutama yang membantu proses pengolahan bahan hingga bibit siap jual.
Bahan bahan yang digunakan untuk membuat media tanam adalah campuran tanah, pasir dan pupuk organic, dengan Komposisi masing-masing 1 bagian, kemudian dimasukkan kekantong plastic  seperti membuat sosis. Sosis ini dimasukkan kedalam kolam rendaman sebelum dipotong sesuai keperluan pertumbuhan benih menjadi bibit. Potongan-potongan sosis ini kemudian dimasukkan ke dalam green house untuk memudahkan proses peletakan biji atau benih tanaman. Saat usia benih mencapai 6 hingga 7 hari, ditandai dengan tumbuhnya dua helai daun utama, barulah benih dipindahkan ke baki yang terbuat dari anyaman bamboo.  Tiap baki berisi 250 bibit tanaman. Pemisahan ini dimaksudkan untuk mempermudah pemeliharaan dan penghitungan saat akan dijual.
Produksi  yang mampu dihasilkan perhari hingga 30.000 bibit dengan rata-rata penjualan 10.000 bibit/harinya. Menurut nurhayati ia sering mengalami kesulitan memenuhi permintaan pada pertengahan tahun karena menurutnya  permintaan petani seringkali melebihi kapasitas produksi pada masa-masa tersebut.
Ada ketenangan menyeruak saat memandang kumpulan bibit berwarna hijau segar, tersusun secara berulang membentuk pola yang tetap dan teratur.  Keteraturan yang membawa harapan kepada suatu masa di waktu mendatang, tentang sebuah keyakinan yang bermakna segalanya bagi Nurhayati dan para petani yang membeli bibitnya. Bahwa, tanaman yang baik, berasal dari benih yang baik.

No comments:

Post a Comment