Tuesday, August 13, 2019

Profil Dan Rekam Jejak Evi Evita Maya

Mataram, LOMBOQNET-Mendadak viral di dunia maya karena foto cantiknya, ia digugat oleh calon Petahana anggota DPD dapil NTB, Farouk Muhammad. Meraih suara terbanyak pada peringkat pertama di pemilu legislatif 2019 dapil NTB sejumlah 284.202 suara, perjalanan Evi Epita Maya sebagai calon anggota DPD dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat ini, harus menjalani sidang di gedung Mahkamah Konstitusi.

Siapakah sosok Evi Epita Maya dan seperti apa rekam jejak Evi di bidang politik, simak kutipan profil berikut ini:

1. Evi Epita Maya, S.H., M.Kn. sosok lahir di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, 17-11-1973. Adalah seorang Sarjana hukum dan magister kenotariatan yang berdomisili di kota Mataram, NTB. Walaupun tidak memiliki darah politik dari kedua orang tuanya, Evi Epita Maya telah tertarik dengan politik sejak duduk di bangku sekolah. Aktif di sejumlah organisasi, hingga ia duduk di bangku kuliah ilmu hukum Universitas Diponegoro, Semarang. Lulus sebagai sarjana hukum, Evi melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat. Lulus sebagai magister kenotariatan dengan predikat cum laude, Evi akhirnya berkarier sebagai seorang notaris. Berbagai organisasi di bidang sosial, budaya, dan pemuda ia ikuti. HMI, Iwapi (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) dan Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia).

2. Terjun ke dunia politik sejak masa reformasi, bersama kakaknya yang saat itu mendapat mandat langsung dari Amien Rais untuk membangun Partai Amanat Nasional (PAN) di Provinsi NTB. Ia menjabat sebagai wakil bendahara umum dan petinggi dibidang perwakilan perempuan PAN NTB. Evi kemudian berpindah Partai ke Hanura, dan masuk sebagai Tim 9, pendiri Hanura di NTB. Ia juga menjabat sebagai bendahara umum selama tiga periode.

3. Evi juga menjadi koordinator wilayah Hanura untuk Kabupaten Bima dan Dompu. Terakhir, ia menjabat di bidang organisasi, keanggotaan, dan kaderisasi. Pada pemilu 2009 dan 2014, Evi sempat maju sebagai calon anggota legislatif DPRD Provinsi NTB dari Partai Hanura. Namun, usahanya kandas melenggang ke Udayana dan kembali lagi ikut berkompetisi melalui jalur DPD pada pemilu serentak 2019. Evi Epita bertekad memajukan NTB dengan segala kemampuannya.

Tidak ingin gagal Pada Pemilu 2019, Evi terjun menggandeng kalangan milenial untuk mengenalkan dirinya ke masyarakat. Anak muda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), HMI, hingga Karang Taruna, ia ajak untuk bekerja bersama. Evi membantah selama kampanye sekadar mengandalkan foto pencalonan dirinya. "Ya itu salah besar," ujarnya.(**)

No comments:

Post a Comment