Wednesday, August 28, 2019

RSUD Labuhan Haji, Mulai Beroperasional


rumah sakit islam kita lombok, rsud lombok timur, baznas lombok timur
Lombok Timur, LOMBOQNET- Berangkat dari keluhan masyarakat Lombok Timur tentang pelayanan kesehatan yang dinilai masih jauh dari harapan, 2 tahun silam Bupati Lombok Timur bersama Pengurus Bazda menginisiasi pembangunan sebuah Rumah Sakit (RS) yang diperuntukkan khusus bagi masyarakat Lombok Timur yang kurang mampu.

Rumah sakit yang kemudian diberi nama Rumah Sakit Islam Kita (RSIK), dibangun diatas lahan Pemerintah Daerah seluas 1 hektar,  berlokasi di Desa Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur. Proses pembangunannya, ditandai dengan peletakan batu pertama, Sabtu (27/5/2017) oleh Bupati Lombok Timur waktu itu, H. Moch. Ali Bin Dachlan bersama Pengurus Yayasan RSIK yang dihadiri pimpinan OPD se-Lombok Timur, tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur lainnya.

Tahun 2019, tepatnya pada hari Jum’at (17/5) Rumah Sakit Islam Kita diserahterimakan oleh Yayasan RSIK kepada Baznas Lotim, yang selanjutnya diserahkan kepada pemerintah daerah yang diterima langsung oleh Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy. Kini RSIK telah berubah nama menjadi RSUD Labuhan Haji.

Dalam acara serah terima tersebut,  dihadapan Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, Camat, Kepala desa, Toga Toma dan masyarakat Labuan Haji, Bupati menyampaikan tentang latar belakang penyerahan RSIK kepada pemerintah daerah, diantaranya karena status kepemilikan tanah adalah aset milik Pemda Lombok Timur dan biaya yang digunakan bersumber dari Dana Baznas yang dikumpulkan dari masyarakat, dan ASN yang ada di lingkup Pemda Lombok Timur.

Pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Lombok Timur, memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tulus kepada Pengurus Yayasan RSIK yang telah berhasil membangun rumah sakit ini sejak awal hingga selesai. Bupati kemudian menyerahkan Pengelolaan RSUD Labuhan Haji terutama masalah keamanan dan ketertiban, berada dibawah kewenangan Kepala Sat.POLPP, namun terkait biaya operasional pegawai masih ditangani oleh Baznas Lombok Timur.

Menjelang peresmian pada tanggal 31 Agustus 2019 mendatang, RSUD Labuhan Haji secara terbatas sudah mulai beroperasional Rabu (28/8) dengan membuka pelayanan Unit Gawat Darurat, dan pelayanan umum lainnya.(**)

No comments:

Post a Comment